Minyak Klasifikasi API Service Motor

Peringkat pelayanan minyak motor diklasifikasikan oleh American Petroleum Institute (API). Program ini menyatakan bahwa minyak memenuhi kualitas tertentu OEM dan standar kinerja. Peringkat layanan ditampilkan dalam API “Service Simbol Donut” pada label produk. Mungkin juga ada sebuah “API Tersertifikasi untuk Mesin Bensin” segel pada label.
label

Layanan terbaru kategori rating untuk mesin mobil bensin di tahun 2011 model dan truk ringan adalah “SN.” Peringkat API SN setara dengan rating-5 minyak baru GF oleh International Pelumas Standarisasi dan Persetujuan Komite (ILSAC). minyak mesin SN ditujukan sebagai Pelestarian Sumber Daya karena mereka membantu meningkatkan ekonomi bahan bakar dan melindungi komponen sistem emisi kendaraan. Minyak ini telah menunjukkan perbaikan ekonomi bahan bakar dalam tes VID Sequence bila dibandingkan dengan minyak dasar yang digunakan dalam uji VID Sequence. Selain itu, minyak ini telah menunjukkan dalam tes bahwa mereka menyediakan sistem emisi yang lebih besar dan perlindungan turbocharger dan membantu melindungi mesin ketika beroperasi pada etanol yang mengandung bahan bakar sampai dengan E85.

Minyak yang memenuhi SN baru dan rating GF motor-5 minyak dirancang untuk meningkatkan ekonomi bahan bakar, meningkatkan kehidupan komponen emisi (seperti catalytic converter dan sensor oksigen), dan meningkatkan lumpur, deposito dan kontrol oksidasi. Minyak juga memiliki viskositas rendah suhu yang lebih baik, perlindungan korosi tinggi dan suhu rendah, perlindungan turbocharger yang lebih baik dan peningkatan perlindungan menyumbat filter.

kontrol aerasi, pengurangan gelembung udara kecil, adalah perhatian diperbaharui karena mesin modern menuntut minyak berfungsi sebagai cairan hidrolik pada perangkat phaser cam, aktuator katup variabel, tensioners waktu rantai dan cambuk adjuster hidrolik yang memungkinkan untuk variable valve timing. Tuntutan ini menyebabkan minyak mesin meningkat menjadi stres lebih dari sebelumnya.

Para SN baru dan-5 GF minyak motor pengenal yang kompatibel ke belakang dan dapat digunakan pada tahun 2010 dan lebih tua mesin.

Untuk rincian teknis tambahan tentang SN API baru dan GF 5 motor minyak-peringkat ILSAC, Klik Disini (pdf file API Tech Buletin tanggal 17 Juni 2010).

Minyak SM Motor Rated

Layanan API rating kategori sebelumnya untuk mesin bensin adalah SM, diperkenalkan pada November 2004 untuk 2005 dan mesin baru. minyak SM-rated bersama dengan SL sebelumnya (2001) dan (1997) SJ peringkat, juga kompatibel dan dapat dengan aman digunakan dalam mesin tua dengan pengecualian (lihat update di bawah). Tetapi sebaliknya adalah tidak benar. klasifikasi layanan yang lebih tua usang (SH, SG, SF, dll) mungkin tidak memenuhi persyaratan OEM pelumasan untuk mesin baru. Demikian juga, API SL minyak tidak boleh digunakan pada tahun 2005 dan kendaraan kemudian, dan SJ minyak tidak boleh digunakan pada tahun 2001 dan yang lebih baru kendaraan.

Untuk melihat peringkat SM sebelumnya sistem API oli motor, klik di sini. .
Untuk mesin diesel, API memiliki sistem rating yang terpisah. Kategori saat ini “CI-4” (diperkenalkan pada tahun 2002 untuk mesin diesel baru yang telah resirkulasi gas buang). CH sebelumnya-4 (1998), CG-4 (1995), dan CF-4 (1990), semua dapat digunakan dalam mesin diesel yang lebih tua empat-stroke. CF-2 (1994) adalah klasifikasi API untuk mesin diesel dua-stroke.

API juga memberikan minyak sebuah “Konservasi Energi” rating jika minyak memenuhi kriteria tertentu untuk mengurangi gesekan dan konsumsi minyak, dan meningkatkan ekonomi bahan bakar.

minyak Motor yang memenuhi rating API SM juga dapat memenuhi Pelumas Internasional Standarisasi dan Persetujuan Komite (ILSAC)-4 GF spesifikasi, yang beberapa pembuat mobil Eropa dan Asia membutuhkan.

Motor Baru Minyak Apakah Buruk untuk Mesin Lama dengan Flat Tappet camshafts

ika Anda mengendarai sebuah mobil otot lebih tua klasik atau mobil balap yang memiliki mesin dengan camshaft tappet datar, Anda harus menyadari fakta bahwa hari ini SM dan minyak SN motor dinilai mengandung tingkat yang lebih rendah anti-lecet aditif yang disebut “ZDDP” (Seng Dialkyl Dithio Fosfat). Tingkat ZDDP dalam minyak motor saat ini telah dikurangi menjadi tidak lebih dari 0,08% fosfor untuk memperpanjang kehidupan catalytic converter. Fosfor dapat mengkontaminasi katalis dari waktu ke waktu jika mesin menggunakan minyak, menyebabkan peningkatan emisi knalpot.

Isi ZDDP rendah tidak berbahaya bagi mesin model akhir dengan lifters roller atau pengikut karena beban jauh lebih rendah pada lobus camshaft. Tetapi pada mesin pushrod dengan Cams tappet datar, tingkat ZDDP mungkin tidak memadai untuk mencegah lobus cam dan memakai pengangkat. Dalam beberapa kasus, kegagalan cam terjadi hanya dalam beberapa mil seribu mengemudi! Hal ini bahkan lebih risiko dalam mesin jika katup pegas kaku dan / atau lengan angkat lebih tinggi rocker digunakan.

Untuk menghindari masalah tersebut, Anda harus menambahkan ZDDP aditif untuk bak mesin, atau menggunakan minyak yang memenuhi rating SL layanan sebelumnya, atau menggunakan minyak diesel atau minyak motor balap yang mengandung kadar ZDDP memadai untuk melindungi camshaft dan angkat.

Jika anda menginstal sebuah camshaft baru di mesin, pastikan untuk menggunakan pelumas cam produsen perakitan dan ikuti direkomendasikan istirahat-dalam prosedur. Tapi Anda masih perlu menambahkan ZDDP ke bak mesin atau menggunakan minyak yang mengandung kadar ZDDP memadai untuk perlindungan lanjutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s