Keindahan alam Gunung Tiong kandang Di kecamatan Batang Tarang Kalbar

Keindahan alam Gunung Tiong kandang Di kecamatan Batang Tarang Kalbar

tarianKawasan wisata alam Gunung Tiong Kandang kita dapat menyaksikan Air Terjun Kajang dan Air Terjun Nosok. Air terjun Kajang memiliki tiga tingkatan terletak di sebelah utara Dusun Mangkit. Air terjun ini digunakan masyarakat sebagai irigasi pertanian dan sumber air minum. Sebelah selatan pemukiman Dusun Mangkit terdapat pula air terjun oleh masyarakat disebut Riam Nosok dengan ketinggian enam meter.

Jika kita mendaki ke puncak Gunung Tiong Kandang melalui Dusun Mangkit akan beristirahat di tengah-tengah gunung Tiong Kandang (pedagi) untuk memulai pendakian ke puncak gunung kita akan melewati sebuah batu dengan ketinggian 160 cm. Batuan ini berbentuk pintu masuk. Batu pintu masuk ini berbentuk lorong yang selalu digunakan masyarakat untuk menuju puncak gunung. Sedangkan dikiri kanan batu terdapat jurang yang sangat dalam.

Batu menggantungKeunikan lain Kawasan Wisata Gunung Tiong Kandang adalah Batu Kulintang dan Batu Pengasih. Disebut Batu Kulintang karena keberadaan batu ini sejak dahulu sampai saat ini bersusun berderet seperti susunan kulintang.

Sedangkan Batu Pengasih merupakan batu yang terletak di puncak gunung Tiong Kandang. Dari batu pengasih ini pula kita dapat memandang keindahan alam yang ada disekitar gunung.

Gunung Tiong Kandang juga merupakan penyuplai buah durian terbesar dari Kecamatan Balai Batang Tarang. Buah durian dari gunung ini dijual kepada pembeli yang sudah menunggu atau buah durian ini diolah menjadi lempok durian oleh sebagian masyarakat di Batang Tarang. Lempoknya terkenal menjadi lempok dari durian Batang Tarang.

Menurut legenda Gunung Tiong Kandang berasal dari seekor Burung Tiong yang berada dalam kandang (sangkar) kemudian tersangkut di atas tunggul kayu. Burung Tiong ini mengumpulkan sampah-sampah dari berbagai jenis sampah-sampah yang berada disekitarnya. Lama kelamaan tumpukan sampah menjadi tumpukan yang meninggi dan membesar menjadi sebuah gunung. Gunung tersebut akhirnya diberi nama Gunung Tiong Kandang

Dalam acara Pentas Seni dan Budaya Dayak VII tahun 2009 SE-KALIMANTAN bertempat di Pusat Kebudayaan “Koesnadi Hardjasoemantri” Yogyakarta lalu : Ikatan Keluarga Besar Kabupaten Sanggau Yogyakarta (IKBKSY) yang terdiri dari :

– penata tari:aprima rolis yandi ogam
– penata musik:yulius reza sukamdani
– penata busana:aprima rolis yandi ogam
– penari:kornelia selvi lestari,fausta sulastri,fransisca irmina kurniati,feronika ,candida R.a,veronicha tri handayani ,genoveva riyana permata ,ivan dessev.
– pemusik:yulius reza sukamandani ,kornelius subandi ,alberikus ,yosafat sisbiantoro,emanuel lolly,oktavianus videli,teofilus frandy,maria theresha.

Mereka menampilkan terian yang berjudul “Mangkit tiong Kandang”. Konon, Mangkit Tiong Kandang adalah sebuah desa tidak kasat mata yang penduduknya disebut BUNYI, yaitu hantu wanita berparas cantik rupawan. Suatu ketika didalam mimpinya seorang pemuda mendapat pesan untuk pergi ke hutan dan memanjat sebuah pohon pinang dengan telanjang agar dapat menemukan desa itu. Lalu, si pemuda menetap dan menikah dengan salah satu “BUNYI “di sana .
Karena rindu dengan kampung atau desa asalnya, si pemuda diijinkan pulang dengan syarat di larang membawa anjing saat ia kembali ke desa Mangkit Tiong Kandang. Namun si pemuda melanggarnya, sehingga terjadilah keributan setelah penduduk desa itu mendengar suara anjing yang di sembunyikannya didalam tikar. Kejadian itu merubah keadaan desa, yang kemudian dapat di temui dan berkembang menjadi desa biasa sampa saat ini.

sumber :
http://www.disbudpar.kalbarprov.go.id Minggu, Mei 02, 2010
Buku kenang-kenagan Pesta Seni dan Budaya Dayak VII 2009 SE-KALIMANTAN
foto : Pesta Seni dan Budaya Dayak VII 2009 SE-KALIMANTAN

3 thoughts on “Keindahan alam Gunung Tiong kandang Di kecamatan Batang Tarang Kalbar”

  1. lestarikan lg kebudayaan qita,sehingga bisa di era modern ini qita masih ttp menjunjung tingi kebudayaan yg ada itu,sehingga para generasi muda skrg jg tau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s